‘’ Bagaimana Membuat Strategi Lembaga Dalam Jangka Panjang dan Merealisasikan Visi dan Misi Lembaga ‘’
‘’ Bagaimana Membuat Strategi Lembaga
Dalam Jangka Panjang dan Merealisasikan Visi dan Misi Lembaga ‘’
· - Jasa yang sifatnya sering
intangible dan sulit diukur. Hal ini biasanya dipersulit lagi oleh banyaknya
tujuan yang ingin dicapai untuk memuaskan sponsor.
· - Pengaruh klien mungkin rendah.
Keberadaaan organisasi seperti ini di satu wilayah mungkin menjadi monopoli dan
kemampuan bayar pelanggan juga rendah.
· - Komitmen karyawan yang tinggi
mungkin tidak sepenuhnya dapat digunakan
oleh organisasi yang mempekerjakan mereka.
· - Kontribusi donor mungkin menyusup
kepada manajemen internal perusahaan
· - Sebagai akibat kendala 1) dan 3),
organisasi sering tidak menerapkan sistem hadiah dan hukuman (Reward and
punishment).
Manfaat Pendekatan Strategis :
· - Perusahaan yang menerapkan
pendekatan manajemen strategis akan melakukan tugasnya lebih efektif.
· - Hal ini dikenal dengan institutional
advantage
Pendekatan strategis , terdiri dari:
· - Analisis SWOT – untuk mengetahui
kekuatan apa yang dimiliki oleh organisasi dan kesempatan apa yang tersedia.
Analisis disertai upaya memeriksa kelemahan dan ancaman yang sedang dan akan dihadapi
oleh organisasi.
- - Pernyataan Misi penting sekali
untuk kepentingan internal organisasi dan lebih dari itu untuk kepentingan
eksternal.
- Analisis stakeholder untuk
menentukan lembaga apa dan mana yang berkepentingan terhadap pencapaian tujuan
organisasi.
- Tatalaksana pengaturan korporasi.
Bagaimana organisasi dikelola juga harus dapat disusun dan disampaikan kepada
stakeholder sehingga didapat satu bentuk tatakelola yang baik (good
governance).
- Analisis Portofolio menjadi
langkah minimal yang harus dilakukan oleh Organisasi Nirlaba. Rumusan demikian
menarik perhatian lembaga donor, dan lebih dari itu juga menarik perhatian para
relawan.
To Be Contiuned.... ya ...
Supported by
Komentar
Posting Komentar